Baju Koko 2017 Model Terbaru Modis

Baju Muslim Modern - Baju Koko 2017 Model Terbaru Modis - Baju koko termasuk model baju muslim untuk kaum pria, yang bertahan sebagai model baju muslim pria, meskipun tidak banyak mengalami inovasi oleh para desainer baju. Kita tahu bahwa baju muslim banyak didominasi oleh model-model untuk kaum wanita atau muslimah. Sedangkan baju muslim pria tidak banyak modelnya, cenderung statis, namun segmen pasarnya tidak bisa diabaikan begitu saja. Setelah beberapa waktu yang lalu kita membahas tentang Baju Gamis Terbaru Tahun 2017, Semakin Laris, sekarang saatnya kita membahas baju untuk pria muslim.

Baju koko memang menjadi personifikasi baju muslim pria. Coba saja bila kita hendak membeli baju muslim untuk suami atau sanak keluarga yang pria, pasti yang terlintas pertama kali adalah baju koko, atau ditawari oleh penjualnya adalah baju koko. Tak apalah, maka kita bahas bagaimana baju koko di tahun 2017 ikut meramaikan pasaran baju muslim.

Berbeda dengan baju muslim untuk muslimah, baju koko ini lekat dengan moment-moment ibadah yang dilakukan oleh kaum pria. Orang hendak berjamaah sholat di mesjid, hendak jumaatan, hendak hari raya Islam, rata-rata kaum pria mengenakan baju koko. Di luar itu jarang baju koko dikenakan. Kenapa, ya? Hampir selevel mukena pada kaum muslimah. Hanya digunakan ketika hendak sholat, meskipun baju koko ada plusnya.

Istilah Baju Koko sangat identik dengan busana muslim yang lazim digunakan oleh pria muslim di Indonesia. Trend menggunakan baju koko bagi pria muslim seakan sudah menjadi keharusan ketika mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan besar ataupun hanya sekedar digunakan untuk pergi beribadah ke mesjid.

Menurut Pengamat Budaya Tionghoa peranakan, David Kwa, baju yang sekarang dikenal dengan baju koko tersebut sebenarnya turun temurun dari baju masyarakat China bernama “Tui-Khim”. Remy Sylado, budayawan, menjelaskan bahwa biasanya yang memakai baju tui-khim di masa itu adalah engkoh-engkoh. Dieja dalam Bahasa Indonesia jadinya Koko. Jadilah “Baju Koko”.

Pendapat serupa juga dikemukakan JJ Rizal. Sejarah kemunculan baju koko di Indonesia sangat erat kaitannya dengan adat masyarakat Tionghoa yang berbaur dengan penduduk pribumi sehingga banyak diadaptasi oleh berbagai suku di Nusantara.


baju koko 2017
Baju Koko 2017


#Baju Koko 2017 Model Terbaru Modis


Perkembangan mode baju koko, memang tidak sedinamis model-model baju bagi kaum muslimah. Tidak banyak inovasi yang diterapkan pada baju koko. Makanya, baju koko tidak menjadi garapan utama para desainer baju muslim. 

Keunikan rancangan baju koko, menurut seorang desainer Dian Pelangi, justru tidak didasari oleh selera kaum pria terhadap model baju koko itu sendiri, tapi didasari oleh selera kaum muslimah/wanita dalam melihat seorang pria dalam mengenakan baju koko. Mengapa demikian? Karena pada umumnya kaum pria pakaiannya/bajunya dibelikan dan dipilih oleh kaum wanita, apakah itu istrinya atau ibu-ibunya. Nah, lho, ada benarnya juga.

Makanya, sentuhan-sentuhan pada baju koko justru berdasarkan pada bagaimana bagusnya seorang pria mengenakan baju koko dalam pandangan seorang wanita.  Tapi bukan berarti karakter pria tidak berperan dalam perancangan baju koko. Pria menyukai pakaian yang praktis, simple dan tidak terlalu peduli model atau potongan, yang penting ia merasa nyaman dalam mengenakannya.

Ada beberapa baju koko 2017 model terbaru yang modis dan eksis mempunyai pembeli atau penggemarnya sendiri.

#Baju Koko Polos


Baju koko polos barangkali paling banyak kita jumpai, mayoritas berwarna putih atau coklat muda. Mungkin karena model yang polos ini mempersonifikasi kesederhanaan pribadi muslim, untuk beribadah tidaklah harus terkesan mewah. Atau pengaruh dari Timur Tengah di mana berpungsi untuk tidak menyerap panas, supaya adem ketika dipakai. 

baju koko polos 2017
Baju koko polos 2017
Mungkin juga karena warna putih memang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW dalam memilih warna pakaian, karena lebih mencerminkan kesucian atau kebersihan. Model baju koko polos ini terus bertahan dan jadi pilihan pavorit kaum pria. 

#Baju Koko Lengan Panjang


Baju koko lengan panjang, tentu saja dengan warna yang tidak hanya putih, cukup banyak menjadi pilihan untuk dikenakan oleh kaum pria. Berbagai inovasi dilakukan untuk baju koko jenis ini, dari motif, paduan warna, dan lain-lain, pantas diapresiasi, terutama baju koko yang menyasar pria muda atau remaja. Meskipun kita lihat belum mendapat sambutan yang bagus, tapi tetap eksis dalam jumlah yang tidak banyak. Rupanya kaum pria belum mau bergaya dengan baju koko, masih konservatif memilih model-model yang klasik.

baju koko lengan panjang 2017
baju koko lengan panjang 2017

#Baju Koko Batik 2017


Baju koko batik merupakan inovasi baju koko yang kelihatan cukup berhasil mendapat sambutan hangat dari kaum pria. Baik baju koko yang full batik atau yang dikombinasikan dengan kain non batik.Dua-duanya cukup berhasil menarik minat kaum pria. Bahkan banyak dikenakan pada acara-acara keagamaan yang dilakukan oleh intansi-intansi pemerintah.

baju koko batik 2017
Baju Koko Batik

Itulah 3 jenis baju koko yang bakal menjadi trend di kalangan kaum pria sepanjang tahun 2017. Meski tidak sedinamis baju muslim kaum muslimah, namun patut diapresiasi dan menjadi bagian dari kaum pria. Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau berkenan silahkan baca artikel unik menarik lainnya tentang: Trend Baju Muslim Modern Tahun 2017, Sebuah Prediksi Mode. Sampai jumpa di artikel lainnya, terus ikuti update blog ini.[Baju Koko]